Informasi Lengkap Tentang Jenis Bahan Kain Topi Yang Bagus

3 Desember 2017

Informasi Bahan Yang Sering di Gunakan Untuk Produksi Topi
Bahan topi atau bisa di sebut kain topi adalah bahan baku awal dari proses pembuatan macam macam model topi. Jenis bahan topi pada umumnya bisa di gunakan untuk semua model topi, banyak kita jumpai di pasar kain terdekat dari kota anda, bahan topi sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda berlanjut ke pemesanan model topi yang anda inginkan, bahan topi sangat penting untuk anda ketahui karena bahan topi akan menentukan kualitas topi yang akan anda produksi. Berikut kami share sedikit tentang macam varian bahan topi yang biasa di gunakan untuk bikin topi di harmito topi. Mari kita mulai dari bahan yang termurah jika di hitung dari harga pokok produksi untuk proses pembikinan topi :
  • Matador Sab

Jenis kain matador adalah jenis kain yang bertekstur serat kasar bahan/kain nya tipis jika di terawang pada siang hari ciri ciri nya sendiri yaitu membayang longgar jadi benar tipis adanya untuk bahan yang satu ini. Untuk kain dril matador sendiri biasa di gunakan untuk model topi partai seperti topi kampanye partai PDI, kampanye partai golkar, PKS dan parta lain nya. Selain untuk di gunakan pembuatan topi partai jenis bahan matador sendiri biasanya di gunakan untuk lajer (dalaman topi yang menyilang segi enam) dan strop (dalaman topi yang melingkar bulat) pada dalaman topi, atau biar jelas anda ambil satu topi terus anda balik nah di situ anda akan menemukan lajer dan strop jenis kain matador.

  • Royal Drill

Kain royal dril adalah kain yang berserat kasar dan rada tipis satu tingkat di atas matador, pada umum nya kain royal dril banayak di gunakan untuk membuat topi pesenan promosi atau souvenir yang budget harga minim. Kain royal dril biasanya di gunakan untuk produksi topi gerak jalan, souvenir pernikahan dan lainnya, ciri ciri nya sendiri kain ini di pegang kasar agak tipis dan jika ada logo biasanya logonya di sablon karena tekstur nya yang tipis membayang, memang jika di bandingkan dengan matador jenis bahan yang satu ini satu tingkat di atas matador.

  • Ripstop

Berlanjut ke bahan ripstop satu tingkat di atas royal dril. Bahan ripstop yaitu ciri ciri bahan/kain yang bertekstur serat kotak kotak serat nya memang agak kasar juga tapi ketebalan bahan ini lebih tebal jika di bandingkan dengan kain royal dril atau matador SAB. Kain ripstop sendiri biasanya di gunakan untuk produksi topi rimba dan topi komando, mengingat kadang kadang budget untuk media promosi khusus nya topi ini mempunyai budget harga yang minim, nah bahan ini cocok bagi anda yang mempunyai anggaran promosi minim khusus nya untuk produksi topi rimba atau topi outbond kegiatan di lapangan.

  • Twil

Kita lanjutkan lagi bahan/kain topi jenis twil, twil sendiri ada dua macam yaitu twil sueding dan twil biasa :

  1. Twil sueding ciri ciri bahan serat kain sedang dan tingkat ketebalan satu tingkat di atas ripstop, twil sueding perbadaan nya dengan twi biasa di kelembutan bahan nya, twil sueding ini jika di pegang kain nya agak lembut sedikit berbulu beda dengan twil biasa, kain ini bisa di gunakan untuk topi umum atau topi biasa yang di jual pedagang kaki lima di pinggir jalan, model topi nya sendiri biasanya model topi baseball.
  2. Twil biasa ciri cirinya jika di pegang lebih kasar beda dengan twil sueding yang lembut sedikit berbulu, untuk kain twil baisa ini juga bisa di produksi untuk topi promosi dan topi souvenir dengan harga yang relatif lebih murah, lumayan kan cocok untuk anda yang ingin bikin topi promosi yang beranggaran minim.
  • Dril

Lanjut lagi jenis kain dril cocok untuk referensi untuk anda yang suka bahan halus atau licin, ciri ciri nya kalau anda pegang serat kecil dan licin, dril sendiri ada 3 varian untuk jenis kain dril yaitu american dril, japan dril, nagata dril harga relatif sama. kita mulai dari :

  1. American dril yaitu salah satu jenis kain topi yang beserat kecil tekstur nya halau jika di pegang licin, biasanya untuk di gunakan untuk pembikanan topi baseball, topi polos dan topi topi yang lainnya.
  2. Japan dril adalah kain yang berserat halus kecil dan sama juga kalau di pegang licin, jika saya amati mungkin hampir sama dengan kain american dril harga nya juga hampir sama mungkin menurut saya yang membedakan hanya merk dari pabrik saja.
  3. Nagata dril nah untuk bahan yang satu ini tekstur nya juga kecil kurang lebih sama dengan bahan japan dril dan american dril cocok di gukan untuk proses produksi topi baseball polos yang di jual di toko topi pada umumnya.

Ketiga bahan dril di atas menurut saya hampir mirip tekstur kain nya, tapi tetap beda pabrik dan beda merk bahannya, So bagi anda yang suka dengan bahan yang halus dan licin munkin ketiga bahan di atas bisa di jadikan referensi untuk pembikinan topi yang anda sukai.

  • Lotto / hijet

Selanjutnya bahan lotto atau bisa juga di sebut hijet yaitu bahan yang biasa nya di gunakan untuk bikin topi trucker, jadi kain ini di kombinasikan dengan jaring korea sehingga membuat topi lebih elegan dan banyak di cari, ciri ciri bahan lotto serat kain kecil bahan tipis cuma nanti pas di produksi topi di laminasi dengan spon busa agar depannya bisa tegak dan bagus. Cocok di gukan untuk topi jaring atau topi trucker buat komunitas anak remaja.

  • Rafel

Bagi anda yang menyukai kualitas mungkin topi bahan rafel ini bisa jadi buat referensi perusahaan anda yang menyukai kualitas bagus, bahan rafel sangat di gemari untuk pembikinan topi model apa saja karena tekstur bahan tebal cocok unutk jenis topi apa saja, sama hal nya dengan dril bahan rafel sendiri terbagi 3 jenis varian bahan rafel yaitu :

  1. Rafel original ciri ciri kain nya tebal serat besar dan warna cinderung lebih tajam atau pekat tidak pudar seperti bahan rafel jenis yang lainnya, bahan rafel ori keunggulannya di warna di benar benar warna nyata/real. Sangat cocok di gunakan untuk topi golf, topi baseball, dan topi kualitas clothing distro.
  2. Rafel Wash istilah lain rafel sueding ada juga daerah bandung sendiri menyebut bahan rafel denim, ciri ciri untuk bahan rafel denim yaitu kain nya tebal lebih tebal dikit dari pada rafel ori serat kain nya sangat lembut dan berbulu perlu di ingat untuk jenis kain ini jika di gunakan unutk produksi topi harus ekstra hati hati khusus nya di warna putih, bahan rafel wash yang warna putih sangat mudah sekali kotor kalau terkena debu, cocok di gunakan untuk produksi topi baseball dan topi golf.
  3. Rafel daimaru nah untuk kain ini bisa di bilang kebalikannya dengan rafel ori di atas memang dari tekstur kainnya hampir sama ketebalan dan serat kain dengan rafel ori cuma di pewarnaan dari pabrik agak beda, jika rafel ori warna pekat kalau rafel daimaru lebih sedikit pudar mungkin pada waktu pencelupan warna rafel daimaru ini celupan ke dua bekas celupan pertama rafel ori, memang dari segi harga rafel daimaru sendiri lebih murah jika di bandingkan dengan dua jenis kain di atas yaitu rafel wash dan rafel original. Cocok digunakan untuk topi apa saja sama hal nya dengan rafel wash dan rafel ori.
  • Kanvas

Mari kita lanjut ke bahan kanvas, ciri ciri bahan kanvas cuma diserat kain nya saja, kalau di ketebalan kain relatif sama antara kanvas marsoto, kanvas ring, baby kanvas dan kanvas terpal/karung goni. Berikut tig jenis varian bahan kanvas :

  1. Kanvas marsoto yaitu ciri ciri bahan nya serat miring dan lurus di gabung jadi satu jadi seperti di anyam mesin kain dari pabrik nya kain nya tebal, jika di pegang terasa kasar nya. Tapi kasar bukan seperti matador tapi kasar di sini kasar tapi jika di pegang adem dingin, sangat cocok di gunakan untuk produksi model topi rimba atau topi bucket yang di pakai di lapangan dan memancing.
  2. Kanvas Ring yaitu ciri cirinya tekstur serat kain berserat miring semua jadi tidak seperti marsoto kalau marsoto tadi kan serasa di anyam kalau ring ini sendiri tidak seperti di anyam ketebalan sama dengan kanvas marsoto, harga sendiri untuk kanvas ring relatif sama dengan marsoto, jadi kembali ke anda lebih suka mengunakan kanvas marsoto atau kanvas ring, bisa anda lihat dan jumpai pada jenis topi rimba yang di pakai pada kegiaatan lapangan seperti penelitian dan lain lain.
  3. Baby kanvas yaitu jenis bahan kanvas yang satu ini tekstur bahan lembut sedikit berbulu, kalau ketebalan sendiri bisa di bilang baby kanvas lebih tipis jika di bandingkan dengan jenis kanvas yang lain, cuma keunggulannya kain ini lebih lembut jika di pegang dan dingin jika di bikin topi, sama dengan marsoto dan ring untuk baby kanvas juga cocok untuk jenis topi rimba.
  4. Kanvas Terpal/kanvas karung goni yaitu ciri cirinya tekstur kain sangat kasar dan tebal, lebih tebal jika di bandingkan dengan tiga kain kanvas di atas, bagi sebagian orang kanvas terpal ini sangat di gemari untuk pembikinan topi model baseball dan model rimba untuk media promosi.
  • Bludru

Selanjutnya bahan bludru adalah bahan yang berbulu ciri cirinya jika anda mengusap pakai tangan bahan bludru akan berubah warna tekstur nya berbulu lembut kain nya tebal cocok anda gunakan untuk pembuatan topi pemerintahan pola cagak atau bisa anda gunakan untuk produksi topi model fedora dan caplin.

  • Laken

Nah untuk bahan yang satu ini bisa anda jumpai di jajaran pemerintahan/pegawai negeri seperti topi polisi, topi pejabat daerah dan lain lain, bisa juga di bikin karpet yang biasanya anda jumpai di mesjid dan musholla terdekat itu yang di namakan bahan laken. Ciri ciri nya bahan laken tebal banget berbulu tebal harga bahannya sendiri memang mahal tapi jika di jadikan topi memang bagus setara dengan harga bahannya.

  • Doublemes

Di lanjut di bahan doublemes. Kain ini bisa juga di sebut jaring karena memang tekstur kainnya yang berlobang lobang seperti jaring, anda bisa jumpai juga kain ini pada topi pejabat daerah bahan ini memang bisa di sebut yang spesial karena tekstur kainnya yang unik berlobang jadi jika di bikin topi lebih dingin semriwing angin pada masuk tidak menyebabkan kepala berkeringat yang menyebabkan gatal di kepala.


Informasi Model Topi

Model topi yang akan harmito topi share adalah jenis topi yang sering orang gunakan untuk menutupi kepala nya dari kotoran debu yang masuk ke rambut dan melindungi kepala dari panas sinar matahari, beberapa model topi juga bisa di gunakan untuk orang yang rambut nya sudah rontok istilah lain nya botak, bisa membuat anda terasa lebih percaya diri dan lebih fashioneble. Berikut harmito topi share beberapa model/jenis topi yang sering di pakai :

  • Model Topi Caping Petani

Ya model topi yang pertama kita bahas adalah model caping petani, ciri ciri model topi ini berbahan anyaman bambu yang di produksi secara manual di rumah rumah pemukiman penduduk, model caping ini boleh di bilang sudah hampir punah karena para pengrajin model caping ini sekarang rata rata hanya nenek/kakek kakek yang usia lanjut di atas 50tahun, untuk para petani di pedesaan model topi caping petani ini masih sangat di minati karena sangat membantu melindungi kepala para petani dalam melakukan aktivitas dalam membajak lahan tanah di sawah. So mari kita doakan semoga model caping ini bisa lestari.

  • Model Topi Kupluk

Model topi kupluk bisa anda jumpai di toko atau pasar malam terdekat di kota anda, model kupluk mempunyai ciri ciri berbahan rajutan, rajut sendiri dari anyaman benang yang di anyam pabrik bahan, model kupluk ini sering di gunakan pada tempat dataran tinggi yang berhawa sejuk/dingin umumnya di pakai pada waktu malam hari saat ronda pos kamling, satpam yang jaga malam sering memakai topi model kupluk ini. Selain bisa membuat tubuh hangat model kupluk juga bisa melindungi tubuh anda dari masuk angin.

  • Model Topi Songkok

Lanjut ke model topi songkok/kopyah adalah model topi yang di pakai umat muslim pada waktu melakukan sembahyang, ciri ciri model songkok ini topi nya lonjong berwarna hitam, ada juga yang berwarna putih. Pada umum nya model songkok berbahan halus jenis kain bludru sedikit berbulu jika di usap. Model songkok sangat di gemari remaja yang sedang melakukan belajar pesantren, mengaji, sekolah madrasah untuk mendalami ajaran agama.

  • Model Topi Caplin/Bowler hat

Kita kupas selanjut nya model caplin/model bowler yaitu mempunyai ciri berbentuk bulat menyerupai kepala jadi nyaman bila di pakai, umumnya topi jenis caplin di sukai oleh anak kecil dan remaja yang suka jalan jalan pada hari minggu, model caplin ini berbahan laken yang tebal tekstur bahan berbulu, karena ketebalan bahan laken ini jadi cocok untuk di produksi topi caplin/bowler hat.

  • Model Topi Fedora/Tompi

Nah untuk model fedora ini ciri cirinya benbentuk cetakan baja yang di bentuk seperti model kepala, baja/besi dapanaskan terlebih dahulu sebelum cetak topi model fedora ini. Model fedora/tompi asal muasal dari luar negeri penduduk indonesia dulu tidak begitu mengenal model fedora tapi lambat laun sekarang sudah hampir mayoritas tau model fedor ini, model ini di indonesia umum ya di gunakan tukang benerin sepeda, kalau di luar negeri model ini sudah fashion kemanapun pergi sudah mayoritas memakai model fedora, seperti michael jackson atau artis luar negeri yang lain.

  • Model Topi Manohara

Yang selanjutnya model manohara atau sering di sebut topi pantai. Mempuyai ciri lebar berbahan rajut benang, ada juga berbahan laken, untuk daun nya model manohara ini bisa sampai 15cm wow lebar bukan ? ya di sinilah orang menyebut nya topi pantai karena model manohari sering kita jumpai orang pakai saat berenang di pantai.

  • Model Topi Rimba

Model rimba mempunyai bentuk seperti model manohara cuma model rimba ini sedikit lebih kecil di bandingkan model manohara, umumnya model rimba/model outbond di gunakan instansi atau kampus dalam melakukan suatu penelitian belajar di luar ruangan, bisa di lapangan, di halaman sekolah dan lain nya. Model rimba menggunakan kain hampir rata rata janis kanvas baik kanvas ring, marsoto atau kanvas terpal sehingga nyaman pada saat di pakai.

  • Model Topi Baseball

Mari kita lanjutkan Model baseball yaitu jika kita lihat berbentuk segi enam ada yang menyebut pola enam ada juga pola enam panel adalah model topi yang di gunakan untuk keperluan media promosi suatu perusahaan, memiliki ciri berbahan rafel tekstur serat kain yang besar sehingga model baseball ini di sukai untuk media promosi souvenir dan lainnya. Banyak di jumpai di pakai sales produk merk barang promosi pada saat melakukan pemeran di mall atau di tempat bazar lapangan pameran.

  • Model Topi Komando

Model komando adalah model topi yang berbentuk bulat pada pet depan terlihat pendek, lebih pendek dari pada model topi pada umumnya, model komando memiliki ciri berbahan fleece atau bisa juga bahan ripstop. Sangat di minati dan sering di pakai oleh abdi negara seperti TNI angkatan darat,angkatan laut dan sebagainya. Harga Model komando juga relatif lebih murah jika menggunakan kain ripstop.

  • Model Topi Visor

Model visor adalah salah satu model topi yang sering di gunakan buat acara permainan golf, bentuk topi seperti model baseball cuma kalau model visor ini bagian atas nya berlubang tidak memakai atau di jahit kain lagi, model visor bisa kita lihat pada saat kompetisi bermain golf dan olahraga tennis. Model visor menggunakan bahan umumnya bahan american dril yang bertekstus halus dan licin.

  • Model Topi Bucket

Jenis topi bucket ini yaitu berbentuk bulat menyerupai model rimba, cuma model bucket nampak kelihatan lebih kecil cocok di pakai pada saat nyantai memancing, model nya yang unik membuat para pecinta mancing sangat menyukai model bucket. Model bucket bisa di produksi menggunakan berbagai macam kain seperti japan dril atau kanvas sehingga dingin saat di pakai. Rata rata orang mancing pakai topi model bucket ini. Semoga bermanfaat.

  • Model Topi Koboi

Lanjukan ke model koboi mungkin ada juga ecakan tulisan cowboy adalah model topi yang di pakai pada saat menaiki kuda, kenapa di namakan model koboi karena peminat model ini mayoritas yang mempunyai hobi mengendarai kuda, di film film pahlawan topi cowboy ini serin di pakai pada sat mengejar penjahat menggunakan kuda. Model koboi memiliki ciri berbahan tebal tegak dan kaku sehingga para pria penunggang kuda kalau mekai topi model koboi ini bisa terlihat keren dan ganteng.

  • Model Topi Snapback

Ayo siapa yang belum tau model snapback ? mungkin jawabannya hampir 90% orang tau model topi snapback ini, model ini sangat di gemari oleh khalayak ramai yang mayoritas anak anak muda gaul, punk dan funky mungkin itu sebutannya. Model snapback bisa anda jumpai di toko toko distro yang target pasar adalah anak muda belasan tahun, model snapback mempunya ciri berbahan rafel baik itu rafel ori, rafel wash atau rafel daimaru kualitas model snapback rata rata standar clothing distro kualitas bagus dan nyaman di pakai.

  • Model Topi Trucker

Model trucker mempunyai ciri unik setengah bagian depan topi menggunakan kain dan bagian setengah di belakang menggunakan bahan jaring, sehingga khalayak ramai menyebut topi model trucker, banyak anda jumpai di tempat nongkrong anak muda. pelogoan model trucker biasanya sablon sehingga harga bisa lebih murah dari pada model topi yang lain.

  • Model Topi Mutz

Model mutz adalah model topi yang berbentuk seperti songkok pak ustad, tapi beda dengan model songkok yang cinderung polos, untuk model mutz ada penambahan vareasi list yang melingkar bentuk seperti pita ada yang warna list pita kuning emas ada juga yang silver, tergantung instansi pegawai apa yang memakai, umumnya model mutz di pakai pilot, pramugari, sekolah penerbangan dan pegawai PNS di negeri indonesia tercinta.

  • Model Topi Toga

Hayu lanjutkan ke model toga, model yang satu ini mempunyai ciri segi lima di bagian atas kepalanya, umumnya di pakai pada saat wisuda para pelajar kuliah, model topi toga di pakai untuk menandakan kelulusan sekolah sehingga bisa melanjutkan untuk mencari pekerjaan, model toga ada penambahan aksesoris yang menggantung di bagian atas mengikuti warna topi itu sendiri. Model toga menggunakan kain jenis dril.

  • Model Topi Pork Pie

Model porkpie mempunyai ciri seperti model fedora dan model caplin, cuma model porkpie yang membedakan di bulatan kepala nya agak datar sehingga di namakan topi pork pie. Topi porkpie menggunakan bahan laken di tambahkan aksesoris bulu berwarna untuk menambah canti penampilan mtopi porkpie itu sendiri. Bisa kita lihat biasanya di pakai para seniman musik di tanah air.

  • Model Topi Jepang

Terakhir model jepang, ciri ciri model ini memakai penutup yang menutupi sebagian wajah dan mulut, berbahan japan dril berbentuk unik lain dari pada yang lain, maka di namakan model jepang. Model topi jepang menghabiskan bahan relatif lebih banyak jika di bandingkan model yang lain, model jepang bisa di gunakan pada waktu memancing sehingga wajah aman tidak hitam terkena matahari.

Semoga bermanfaat,

Info Tanya-tanya harga topi whatsapp 081322985698